Friday, April 12, 2013

Budidaya Ikan Lele

    Lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat mudah dibududayakan. Tidak seperti jenis ikan air tawar lainnya, lele merupakan salah satu spesies ikan yang bisa hidup dalam kondisi air yang keruh. Ikan gurami, tawes, nila, ataupun ikan ikan lain menuntut kondisi air yang baik untuk bisa dibudidayakan, bahkan beberapa jenis ikan menuntut kondisi air yang selalu mengalir untuk mencukupi kebutuhan oksigennya. Disinilah kelebihan ikan lele dibanding ikan jenis lainnya, karena dalam kondisi air yang buruk sekalipun masih bisa hidup sehingga bisa dibudidayakan di sembarang daerah.
    Sebelum kita menebar benih ikan lele, terlebih dulu kita harus mempersiapkan kondisi kolam supaya siap untuk pemeliharaan lele. Dimulai dengan pengeringan kolam untuk memastikan tidak ada ikan lain yang tertinggal di dalam kolam. kalau ada ikan lain yang ukurannya agak besar, kemungkinan akan memangsa benih lele yang masih kecil. Akan lebih baik lagi jika dasar kolam ditaburi gamping (kapur) untuk menetralkan PH air dan diberi pupuk kandang supaya banyak terdapat binatang binatang kecil / plankton yang bisa menjadi makanan bagi bibit lele. Setelah itu kolam diberi air dan dibiarkan selama 3-7 hari sebelum kemudian ditebari dengan benih ikan lele.
    Jumlah benih lele yang dimasukkan ke dalam kolam disesuaikan dengan volume air yang ada. untuk tiap 1 meter kubik air bisa diisi dengan kurang lebih 150 ekor benih lele. pemberian pakan menggunakan pelet untuk ikan lele dimulai dengan yang berukuran kecil dan dilakukan 2 kali dalam sehari, biasanya di pagi dan sore hari. jumlah pakan yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan ikan, jika pakan yang kita berikan langsung habis, berarti masih kurang jumlahnya. jika setelah 3 - 5 menit masih ada pakan yang tersisa di air, berarti jumlah pakan yang kita berikan terlalu banyak. pakan yang terlalu banyak dan tidak termakan oleh ikan akan mengakibatkan pencemaran air dan ikan lele yang terlalu kenyang lebih rentan terkena penyakit. Pemberian pakan ditingkatkan jumlahnya seiring pertumbuhan ukuran tubuh ikan lele.
    Dengan bertambahnya umur ikan, maka didalam kolam akan terjadi penumpukan kotoran hasil pencernaan ikan lele. karena itu sekiranya air didalam kolam sudah terlihat keruh dan berbau, sebaiknya dilakukan penggantian air. caranya dengan membuang sepertiga air kolam dan mengisinya kembali hingga penuh. disarankan tidak mengganti air terlalu banyak karena akan mengakibatkan perubahan kondisi air kolam yang terlalu menyolok sehingga bisa berpengaruh biruk pada ikan. semakin besar ukuran ikan, maka air kolam akan semakin cepat kotor sehingga penggantian air juga harus semakain sering, kira kira seminggu sekali.
    Tibalah dibagian akhir siklus budidaya ikan lele. setelah ikan berumur 60-70 hari, biasanya ukuran ikan sudah cukup besar untuk dipanen. idealnya setiap 1000 ekor benih lele akan menghasilkan 100 kg lele hasil panen. dan untuk menghasilkan 100 kg ikan kita harus memberi makan sebanyak 100 kg pelet. supaya kondisi tersebut bisa dicapai, maka tidak boleh ada ikan yang mati dan pelet yang digunakan harus memiliki kualitas yang baik. Agar kita bisa memperoleh keuntungan dari budidaya lele ini, maka hasil panen yang kita dapatkan minimal harus mencapai 80% kondisi ideal atau lebih. jika kurang dari nilai tersebut maka kita akan rugi karena modal yang dikeluarkan lebih besar dari hasil panen yang diperoleh.
    Hal lain yang harus diperhatikan adalah ukuran lele saat panen. kita harus jeli mengamati ukuran lele karena harga terbaik adalah saat ikan mencapai ukuran konsumsi, yaitu kira kira berisi 8-10 ekor setiap kilogramnya. jika ukuran ikan terlalu besar, maka pedagang ikan akan membelinya dengan harga yang lebih murah, jika terlalu kecil maka pedagang ikan tidak mau membelinya. karena itu kita harus pandai pandai menentukan waktu yang tepat untuk memanen ikan, jangan hanya berpatokan pada umur ikan ataupun jumlah pakan yang kita berikan, tetapi akan lebih tepat jika disesuaikan dengan ukuran ikan saat panen. 
    Demikian tulisan saya tentang budidaya ikan lele, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment